Peran dan Tanggung Jawab Seorang Manager yang Profesional

manager profesional
Peranan manager sangat berpengaruh terhadap kesuksesan sebuah organisasi/perusahaan. Manager merupakan jembatan yang penting antara pihak management dan pekerjanya, dan jika mereka menampilkan peranan kepemimpinan mereka secara profesional dan efektif, mereka akan membuahkan dampak yang luas dan positif terhadap keseluruhan organisasi.


Langkah pertama untuk menjadi seorang manager yang sangat profesional adalah memahami peran dan tanggung jawab Anda.

Sebagai seorang manager yang profesional, peran dan tanggung jawab utama adalah :
  • Menetapkan standar kerja yang tinggi. Dengan cara menjelaskan kepada staff Anda secara tepat apa yang harus dilakukannya, dan standar kerja yang harus dipenuhi, dan yakin bahwa mereka akan melaksanakannya.
  • Berkomunikasi ke atasan dan ke staff. Banyak masalah didalam organisasi yang disebabkan oleh kurangnya komunikasi yang jelas antara manajemen dan staff. Sebagai seorang manager, Anda harus sangat aktif dan tepat dalam memberikan informasi dari para manager dan staff Anda, dan juga dalam memberikan laporan dari staff ke manager Anda sehingga masalah-masalah dapat diselesaikan.
  • Memonitor penampilan kerja staff. Sebagai seorang manager Anda harus banyak menggunakan waktu Anda di lapangan, memastikan bahwa staff Anda mengerjakan apa yang harus mereka kerjakan, Anda tidak dapat mengontrol secaraa efektif jika Anda mempergunakan seluruh waktu Anda dengan duduk di kantor saja.
  • Melakukan "coaching" dan memberikan umpan balik kepada staff. Ketika Anda memonitor staff Anda, tugas Anda bukanlah untuk mencari kesempatan untuk menghukum kesalahan-kesalahannya. Tugas Anda adalah untuk menghargai pekerjaan yang telah dilakukannya dengan baik, dan membantu staff memperbaiki kesalahan-kesalahan yang telah dibuatnya. Ini berarti bekerja dengan mereka secara terus menerus untuk meningkatkan penampilan kerja mereka setiap saat.
  • Memecahkan masalah-masalah kerja yang muncul. Ketika Anda menemukan masalah-masalah di tempat kerja, Anda harus melakukan lebih dari sekedar melaporkan masalah-masalah tersebut kepada atasan Anda, Jika Anda mampu, Anda seharusnya secara aktif menyelesaikan masalah-masalah dengan staff Anda. Seorang manager yang baik adalah seorang pemecah masalah (problem solver), bukan sebagai seorang yang melaporkan masalah saja.
  • Menegakkan disiplin. Seorang manager yang profesional dapat meyakinkan staffnya untuk mengikuti aturan dan kebijakan organisasi. Dia mengoreksi staffnya yang melanggar aturan dengan cara yang manusiawi dan efektif.
  • Menghargai dan menegakkan hak-hak pekerja. Seorang manager yang profesional menyadari bahwa seluruh pekerja mempunyai hak-hak yang harus dilindungi, Para manager bekerja keras untuk meyakinkan bahwa hak-hak pekerjanya dihargai.
Ciri-ciri seorang manager yang profesional

Apakah profesional itu? Apakah itu berhubungan dengan profesi seseorang ataukah lebih kepada bagaimana orang tersebut menyikapi pekerjaannya? Dapatkah setiap orang, dari seorang pengacara dan akuntan sampai supir bus dan tukang sapu dapat dikategorikan sebagai orang yang profesional jika mereka memiliki kualitas yang tepat?

Sebenarnya, setiap orang dapat dikategorikan sebagai seorang yang profesional, tanpa dihubungkan dengan apa jenis pekerjaan yang dilakukannya. Jika mereka dapat membuktikan bahwa mereka memiliki ketiga syarat utama agar dapat dikatakan profesioanal dibawah ini, meraka dapat diklasifikasikan sebagai profesional. Tidak menjadi masalah dengan apa jenis peerjaan yang dilakukannya.

Tiga komponen profesinalisme
  • Pengetahuan di bidangnya : Apa yang anda ketahui tentang pekerjaan anda. Anda punya pengetahuan dan konsep-konsep tentang pekerjaan anda.
  • Keterampilan di bidangnya : Kemampuan praktis anda untuk mengerjakan tugas-tugas dengan gesit dan berstandar tinggi.
  • Sikap yang positif : Cara anda menyikapi pekerjaan dan hidup anda secara umum. Hal ini merupakan kecenderungan dalam menilai sesuatu dengan cara yang positif atau negatif.
Seseorang yang memiliki pengetahuan (P), keterampilan (K) yang baik dan sikap positif (A+) dapat dikategorikan sebagai orang yang profesional-profesional yang sebenarnya!

Sumber : YEDC/Business Dinamic, Indonesia

Peran dan Tanggung Jawab Seorang Manager yang Profesional Rating: 4.5 Diposkan Oleh: rozikinroz ™

4 komentar:

  1. saya seperti mendapat titik temu, terimakasih

    ReplyDelete
  2. jabatan saya tidak disangka2 dengan membaca ini ada yg bisa saya ambil,terimakasih

    ReplyDelete
  3. artikel ini membuat saya mengerti tugas dan tanggung jawb seorang manager...
    lumayan menambah wawasan.

    ReplyDelete
  4. boleh juga untuk menambah wawasan.

    ReplyDelete

Jika Anda menanyakan sesuatu pastikan beri centang pada kotak "Notify Me" di bawah komentar agar dapat segera mengetahui balasan dari admin.